Fishcarelab sebagai Sistem Pembudidayaan Ikan Jarak Jauh berbasis Internet menggunakan Teknologi IDACS (Internet-based Data Acquisition and Control System).

Penjelasan Teknis :

Perangkat keras sistem Fishcarelab ini terdiri dari sistem mekanik dan elektronik. Sistem mekanik terdiri dari tangki-tangki air dan sistem perpipaan. Sedangkan sistem elektronik terdiri sensor-sensor level ketinggian air, suhu, pH dan Dissolved Oxygen (DO). Sensor-sensor ini dilengkapi rangkaian pengkondisi sinyal. Selanjutnya dengan menggunakan modul Analog to Digital Converter (ADC) atau rangkaian pengubah analog ke digital data hasil pembacaan sensor dapat dibaca oleh rangkaian mikrokontroller. Rangkaian mikrokontroller bertugas melakukan pembacaan sensor dan mengirimkan datanya ke server untuk menginformasikan kualitas air.

Sistem elektronik lain yang digunakan adalah electric valve (kran elektronik). Digunakan beberapa kran elektronik sesuai kebutuhan. Kran-kran ini dikendalikan oleh mikrokontroller. Dengan sistem kran ini maka penyediaan air, maupun pembuangan air kolam ikan dapat dikendalikan secara elektronik. Selain itu sistem ini juga dilengkapi dengan modul aktuator, yang digunakan untuk pengaturan pemberian pakan ikan. Dalam pengendaliannya mikrokontroller memerlukan modul Digital to Analog Converter (DAC) atau rangkaian pengubah digital ke analog dan rangkaian pengkondisi sinyal.

Hardware sistem Fishcarelab dalam operasinya membutuhkan software berbasis mikrokontroller dan software berbasis web untuk pemantauan dan pengendalian kualitas air dan pemberian pakan secara otomatis dan terjadwal. Selanjutnya sistem ini selain dapat bekerja secara langsung di area pemeliharaan ikan juga dapat dipantau dan dikendalikan dari jarak jauh menggunakan koneksi internet.

Contoh Gambaran Fishcarelab yang kami kembangkan